Minggu, 07 Februari 2016

GLOBALISASI


PENGERTIAN

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri
dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.


DAMPAK DAMPAK GLOBALISASI

1.HANDPHONE
Dampak pisitif HandPhone dalam kehidupan sosial:
1. Hubungan Antar Manusia
Dampak positif ponsel pertama adalah, penggunaan ponsel meningkatkan konektivitas, baik jarak dekat maupun jarak jauh, dan mengurangi jumlah waktu dimana kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dahulu kita perlu hadir secara fisik dengan seseorang di era pra-handphone, tetapi hari ini kita dapat berbicara dengan seseorang dimana saja, sambil berjalan-jalan atau duduk di cafe.

2. Dunia Kerja dan Bisnis
Selain mempengaruhi komunikasi pribadi kita, dampak positif ponsel juga telah mempengaruhi cara kita melakukan bisnis. Studi mengenai dampak positif ponsel bagi kehidupan sosial ini juga menemukan bahwa setengah dari respon menggunakan ponsel mereka untuk tujuan bisnis saat melakukan liburan, mengaburkan batas antar kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

3. Dampak Demografis
Dampak positif ponsel memiliki pengaruh yang berbeda pada demografis yang berbeda. Warga yang lanjut usia, terutama mereka yang memiliki masalah mobilitas, bisa mengurangi rasa terisolasi dengan menggunakan ponsel dan tidak bergantung pada kunjungan dari orang lain untuk tetap berhubungan dengan dunia luar. Kemudian pada anak-anak dan remaja adalah unutk memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemandirian mereka. Dari hasil penelitian 2007 oleh Australia National University mengungkapkan bahwa 30%orang tua akan membiarkan anak mereka tetap berada di luar jika mereka memegang ponsel agar tetap bisa di hubungi.

4. Jenis Komunikasi
Dampak positif ponsel yang terakhir ini adalah memungkinkan seseotrang untuk berkomunikasi dalam berbagai cara, termasuk panggilan, pesan teks, IM (Instant Messaging), dan email. Berkomunikasi melalui teks memungkinkan seseorang untuk melakukan percakapan dengan orang lainyang mungkin tidak tepat untuk dilakukan di depan umum atau di acara tertentu, seperti dalam sebuah acara rapat. Dengan terciptanya smartphone, pengguna sekarang dapat mengakses akun jejaring sosial mereka melalui ponsel mereka, meningkatkan jumlah metode dimana seseorang dapat berkomunikasi.

5. Selain dampaknya dalam kehidupan sosial, ponsel juga memberikan kemudahan dalam berkomunikasi  dalam jarak jauh dan dengan biaya yang sangat murah.

Dampak negatif HandPhone:
Dampak negatif ini merupakan kecanduan ponsel tersebut jika saja hanya dibiarkan begitu saja akan berakibat fatal terhadap kondisi penggunaaan ponsel. Efek ketergantungan yang terjadi akan semakin besar dan merusak psikologis terhadap dirinya sendiri. Salah satu penyebab utama yang seringa menjadi acuan kecanduan ponsel adalah kemudahan akses yang diberikan oleh ponsel pintar tersebut. Dengan kemudahan semua akses itulah pengguna merasa mempunyai kesangan tersendiri terhadap hal baru yang ditawarkan oleh ponsel pintarnya tersebut.

Seorang peneliti bernama Prof. Carry mengatakan bahwa menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar tidak diperlukan dan menjadikan anda kurang mengontrol kehidupan. Dan pendapat tersebut terbukti dengan dampak negatif penggunaan ponsel yang sering dialami oleh sebagian penggunanya. Para pengguna ponsel tersebut akan selalu memprioritaskan hal baru yang ada disponselnya, meskipun ada hal laiin yang lebih penting. Selain itu pengguna ponsel tidak hanya dikalangan orang-orang remaja hingga dewasa saja, bahkan anak TK dan SD pun sudah dibekali ponsel oleh orang tuanya. Namun dampak negatif penggunaan ponsel terbesar adalah pada anak-anak, antara lain :

1. Kepribadian Anak
Dampak negatif penggunaan ponsel yang paling mencolok pada anak adalah perubahan tingkah laku. Terlalu sering menggunakan ponsel yang memiliki beberapa aplikasi dan fitur menarik, membuat anak tidak terlalu peka terhadap lingkungan. Jika komunikasi antara anak dan orang tua lebih banuyak menggunakan ponsel, maka dampak negatif penggunaan ponsel seperti ini berimbas buruk pada hubungan orang tua dan anak.

2. Kesehatan
Penelitian yang dilakukan oleh Badre tentang dampak negatif penggunaan ponsel bagi kesehatan tertuju pada pola tidur seseorang. Badre menemukan bahwa ketika seorang anak menggunakan telepon dan GSM secara berlebihan akan mengakibatkan kesulitan tidur pada malam hari. Tentunya hal ini akan berdampak pada tingkat kelelahan dan stres, selain itu dampak buruk penggunaan ponsel adanya radiasi sinyal RF. Radiasi ini bisa meningkatkan potensi terkena kanker, terutama pada anak-anak.

3. Korban Bullying
Lembaga penelitian bernama Openet mengungkapkan bahwa hampir 41% anak pernah menjadi korban cyber bullying. Dampak negatif penggunaan poonsel ini terjadi melalui jaringan telepon. Survei tersebut dilakukan oleh Openet terhadap 503 pengguna ponsel di Amerika yang berusia antara 13 hingga 17 tahun.

4. Semakin melunturnya nilai moral dan sopan santun. Bahkan timbulnya kejahatan dan penipuan dalam sms.

5. Dampak kultural yakni bahwa ponsel tidak hanya sebagai teknologi komunikasi namun juga sebagai hal yang mencerminkan ikatan emosional dan budaya yang melambangkan status sosial manusia sehingga manusia selalu melihat ponsel sebagai ukuran status manusia dan berlomba untuk selalu mendapat sera mengganti ponsel dengan htipe yang terbaru.

6. Dengan ponsel masyarakat kini lebih cenderung menjadi masyarakat yang malas karena hanya dengan ponsel dapat melakukan berbagai aktifitas komunikasi sehingga proses interaksi secara langsung atau tatap muka dengan orang lain jarang dilakukan.

7. Efek radiasi
Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen. 


2.TV


Dampak positif penggunaan TV:
1.Kita akan mendapatkan semua berita dari dalam negeri sampai luar negeri.

2. Televisi selalu menyajikan berita up to date, yg tentunya membuat masyarakat tidak akan ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada masyarakat secara cepat.

3.Masyarakat akan menyegarkan otaknya dengan program yang ditonton seperti acara komedi apalagi acara tentang galeri sepak bola Indonesia,one stop football yang digemari oleh para laki-laki.

4.Beberapa penelitian mengatakan, bahwa seorang anak yg sering menonton televisi memiliki wawasan yg lebih luas di banding anak-anak yg tidak menonton tv. Teori itu sangat lah masuk akal, karena banyak sekali stasiun televisi menggarap tema edukatif seperti menyiarkan film documenter sejarah, flora fauna, sain dan lain sebagainya.

5.Acara yang kreatif  bisa mengajak anak-anak untuk ikut kreatif.

6.Kecepatan menyajikan dan membaharui berita.

7.Dalam media pendidikan. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara Televisi tersebut.

8.Sebgai sumber inspirasi.


Dampak negatif penggunaan TV:

1.Meniru adegan yang tidak pantas untuk ditiru.

2.Kekerasan.

3.Celaan yang tidak pantas untuk di lontarkan di depan televisi.

4.Adegan yang mengandung unsur pornografi.

5.Terlalu banyak menonton televisi menyababkan daya pikiran turun lalu konsentrasi hilang.

6.Lupa waktu.

7.Acara tak mendidik

8.Merusak mata


3. KOMUTER DAN LAPTOP

Dampak positif Komputer dan Laptop dalam kehidupan sehari – hari sangat banyak dan sangat mambantu, mempermudah, mempercepat pekerjan – pekerjaan manusia di antaranya adalah:
·                    1. Bidang pendidikan
     Dengan adanya computer dapat mempermudah bagi administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru – guru sekolah.
      Mengakses informasi pendidikan lewat internet, seiring perkembangan jaman internet telah tersebar luas di sekolah – sekolah setingkat kecamatan, sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap – tiap sekolah. Para siswa dapat memperoleh ilmu dan informasi dunia dengan mudah dan cepat.
·                     2. Bidang Kesehatan
    Dalam bidang kesehatan komputer juga banyak membawa manfaat. Mempermudah dokter dan perawat dalam memeriksa kesehatan pasien lewat monitor komputer, diantaranya: memeriksa detak jantung, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar x. sebagai contoh saat perawatan almarhum mantan presiden Soeharto dirumah sakit pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti  jantung, paru – paru dan ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi informasi dan komputer.
·                      3. Bidang Transportasi
     Dalam bidang ini contohnya transportasi udara maupun laut. Misalnya, Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa diprogram dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa diterbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram didalam komputer. Seluruh pengaturan penerbangannya telah di program lewat komputer yang nantinya lebih maksimal dan dapat dikendalikan.
       Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjulan tiket di bandara, stasiun, dan terminal bus dilayani dengan cepat menggunakan komputer.
         4. Bidang Industri Otomotif
     Mobil – mobil dibuat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan dengan lebih akurat. Dengan bantuan kompter pabrik – pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
 
·                         5. Bidang Jasa Percetakan
    Komputer telah dapat mempermudah dalam Percetakan Koran, majalah, buku – buku, semua dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah dalam jumlah ratusan. Hasilnyapun lebih menarik dan lebih bagus dibandingkan secara manual.
·                      6. Bidang Pertahanan  dan Keamanan
       Negara maju seperti amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari bumi, untuk memantau serta memeakan keadaan dipermukaan bumi, pada perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak, Amerika menggunakan jaringan inteligen yang dilengkapi dengan teknologi komputer dan informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan – lawannya. Bayangkan, tanpa adanya komputer maka mereka akan merasa kesulitan dalam berperang.   
     Peperangan sekarang jauh berbeda dengan zaman dahulu yang saling berhadapan, sekarang semuanya sudah serba canggih sehingga apabila berperang tinggal memakai bom yang diatur lewat komputer. Dan seluruh keamanan Negara sudah memakai jaringan komputer agar sulit dimasuki atau di bobol orang lain. Kamirasa jika hal tersebut tidak memakai jaringan komputer tentunya dengan mudahnya bisa dibobol dan rahasia Negara dapat tersebar luaskan dengan sangat mudah.
   
         7. Bidang Olah Raga
       Dunia  olah ragapun tidak mau kalah dengan yang lainnya, didalamnya juga memakai jaringan komputer agar dapat diketahui oleh penjuru di belahan dunia.  Banyak berita selintas olah raga yang sudah di beritakan lewat TV.
      Pertandinngan sepak bola piala dunia ditayangkan tanpa hadir langsung ke stadion pertandingannya. Hal itu oleh satelit yang dihubungkan dengan pesawat penerima dibumi kemudian dipancarkan keseluruh satelit pemancar TV dibelahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu dapat dinikmati oleh semua orang. Dan beritanya itupun dapat diakses secara mudah melalui jaringan internet. 

Dampak negatif Komputer dan Laptop

Melihat manfaat komputer sangat besar bahkan sangat penting dalam menunjang kebutuhan manusia. Tanpa adanya jaringan komputer kebutuhan manusia tidak akan maksimal bahkan akan sulit dalam mendapatkannya.
     Namun, secara tidak disadari didalalm penggunaan komputer malah menyimpan kerugian yang besar pula. Apalagi semakin lama perkembangan komputer sangat signifikan, yang tentunya apabila tidak digunakan sesuai kebutuhan akan berdampak sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebanyakan dari pengguna komputer hanya sebatas menggunakannya seja tanpa menyadari pengeruh buruknya.
     Inilah dampak – dampak negative dari komputer:

1. Tubuh kita akan terkena radiasi dari layar komputer  yang kita liat dan itu akan terkena gangguan    terhadap mata.

2. Dari berbagai sumber mengatakan jika terlalu lama berada di depan layar komputer terlalu lama akan menyebabkan gangguan mental kepada penggunanya.

3. Akan menguras keuangan.

4. Membuat organ – organ tubuh rusak karena terkena radiasi terus menerus.

       Kami menyarankan sebagai pegguna setia komputer lebih baik jangan terlalu lama berada di depan layar komputer. Kecuali bukan karenan ada tuntutan kebutuhan pekerjaan atau tugas. Kita harus menjaga kesehatan yang berharga ini. Selain empat hal diatas masih banyak efek  buruk dari komputer diantaranya:
       Efek Pertama, yaitu pada kesehatan kita. Kesehatan sangat rentang terganggu pada aktifitas yang tidak baik, terutama kepada mata. Mata akan menjadi rusak apabila memakai komputer secara berlebihan. Tugas  menumpuk yang menuntut kita harus berada di depan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama, secara tidak sadar mata telah mendapatkan beban pekerjaan yang begitu berat. Menurut beberapa ahli kesehatan, mata akan cepat lelah jika melihat warna merah, biru, kuning, dan hijau. Warna tersebut membuat mata sangat berfokus pada layar dan tentunya akan cepat lelah jika dipaksakan.
     Efek Kedua,  yaitu terjadinya sifat malas. Sifat malas yang ditimbulkan akibat sering berada di layar komputer, merasa nyaman bahwa segala aktifitas dapat terselesaikan melalui komputer. Pandangan ini sangatlah salah karena selain merugikan diri sendiri, waktupun terbuang sia – sai. Anak remaja sekarang sudah dapat menggunakan komputer sebagai sarana hiburan terutama bermain game. Permainan game yang membuat anak merasa senang, akkn menimbulkan maniak pada dirinya, malas belajar, melas dalam membantu orang tua akan terjadi dalam dirinya. Disini ornag tualah yang sangat berperan aktif dalam membantu anaknya agar tidak terjerumus pada hal yang dapat merusak masa depannya. Bermainlah yang sewajarnya dan jangan sampai anda melalaikan tugas yang  lain.
     Efek  Ketiga, menimbulkan sifat negative pada diri. Sifat negative dapat terjadi seiring dengan perkembangan zaman, berbagai alat canggih yang memudahkan kita untuk mengakses hal – hal yang cenderung kepada hal yang mengarah kepada negative, salah satunya adalah komputer atau laptop dan penggunaan akses internet. Mengakses hal – hal yang berbau seks, porno, judi dan pencurian. Bukankah hal ini sangat disayangkan jika sebagai pengguna tidak cerdas memilih dan memilah mana sisi negative dan mana yang positif dari zaman yang modrn ini.
    Anak – anak muda atau remaja seharusnya diberi bimbingan dan pengarahan dalam hal ini, pengenalan komputer yanhg tidak sehat membuat para remaja menilai bahwa segala aktifitas yang mengarah negative dapat dilakukan dalam komputer. Jelas ini dapat merusak generasi bangsa. Jika saya melihat, baik diwarnet ataupun ditempat –tempat yang menyediakakn hotspot, saya sangat jarang melihat tulisan “DILARANG MENGAKSES VIDEO PORNO DAN PERMAINAN PERJUDIAN”, bukankah ini seharusnya dipasang pada setiap tempat umum yang menyediakan akses internet? Bukankah komputer dan internet seperti sebuah pisau? Komputerpun dapat berguna jika kita memakainya dalam hal – hal yang positif.
      Itulah tiga efek buruk pemakaian computer menurut pandangan secara luas, kami sebagai penyusun makalah ini menyarankan, jika anda ingin dikatakan sebagai pengguna komputer yang cerdas, maka hindarilah segala kemungkinan yang dapat merugikan diri sendiri seperti apa yang sudah dikatakan diatas.


4.MAKANAN CEPAT SAJI

Dampak positif Makanan Cepat Saji:

1.Makanan yang diminta lngsung ada

2.Harganya terjangkau

3.Sedap dan enak

4.Tidak perlu capek untuk memasak


Dampak negatif Makanan Cepat Saji:
  • Dampak dari Sulfit : Sesak napas, gatal-gatal dan bengkak
  • Dampak dari penggunaan MSG : Rasa terbakar di bagian leher, mati rasa di bagian belakang leher, stress dan tegang pada kulit wajah, dada terasa sakit, sakit kepala, detak jantung yang cepat, rasa lemah/cepat lelah, memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan, kerusakan otak,kelainan hati, trauma, demam tinggi, mempercepat proses penuaan, alergi kulit, mual, muntah, migren, asma, ketidakmampuan belajar, dan depresi
  • Dampak dari BHA : Menimbulkan efek ketagihan bagi yang mengkonsumsinya.
  • Dampak dari Pemutih dan Pematang Tepung : efek pada masa kehamilan, dan gangguan darah, menyebabkan bisul pada perut, batu pada tumor, dan kandung kemih
  • Kegemukan dan obesitas
  • Kanker payudara
Selain bahaya yang ditimbulkan zat aditif makanan itu,juga yang perlu diwaspadai adalah bahaya yang terdapat pada kemasan makanan cepat saji.Sampai saat ini menurut Ketua Federasi Pengemasan Indonesia Hengky Darmawan di Indonesia sistem pengemasannya baru 10% yang sesuai aturan SNI. Pemilihan jenis kemasan harus memperhatikan food grade dan food safety (Kompas, 2003).Namun pada kenyataannya produsen jarang mempertimbangkan hal tersebut.Dibandingkan dengan memperhatikan unsur kesehatan,produsen memilih kemasan dengan dipengaruhi faktor tampilan yang menarik,melindungi produk yang dikemas dan pertimbangan ekonomis.


5.INTERNET

Internet memiliki banyak manfaat dan dampak positif untuk semua kalangan, berikut manfaat dan dampak positif internet :
1. Sebagai Sumber Informasi

Dengan adanya internet, kita bisa mencari informasi dan berita terbaru dari seluruh dunia dengan mudah.

Pembaharuan informasi di internet terjadi setiap waktunya. Pengguna internet bisa mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

2. Sebagai Media Komunikasi

Kini semua orang bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja. Dengan menggunakan internet komunikasipun menjadi lebih mudah dan lancar.

Komunikasi melalui internet bisa dengan melalui kirim email, chating, forum, sosial media, video call, dll.
3. Sebagai Media Pendidikan Dan Juga Hiburan
E-learning atau belajar jarak jauh atau belajar melalui internet kini sudah bisa dilakukan, Dengan belajar melalui internet kini siapa saja mudah mendapatkan pendidikan yang lebih luas, pembelajaran di internet dapat berupa e-book (electronik book), video, games, dan kini di internet

Mencari hiburan pun kini menjadi lebih mudah,
Video games, video lucu, film, musik, dan hiburan lainnya kini sudah tersedia di internet.

4. Sebagai Media Bisnis Dan Memudahkan Transaksi
Kini kita tidak perlu lagi datang ke toko untuk membeli suatu barang, cukup cari barang yang anda inginkan di internet, tranksaksi atau bayar melalui E-Banking (Internet Banking) Maka barang akan datang kerumah anda.

Hal diatas tentu membuktikan kalau internet memudahkan kita untuk berbelanja dan berbisnis. Bahkan bagi sebagian orang internet adalah media untuk mencari uang.

5. Sebagai Media Pertukaran Data

Internet memungkinkan semua orang dari seluruh dunia untuk saling bertukaran data, Sehingga muncul istilah Upload dan Download.

apa itu upload) Menyimpan data atau file dari gadget kita ke internet disebut upload dan (apa itu download) Menggambil data atau file dari internet ke gadget kita.


Dampak negatif Internet:

            1.      Pornografi
     
Internet yang memudahkan siapa saja dalam mencari informasi maka juga bisa membuat               pornografi semakin merajarela dan mudah diakses, hal ini pun dapat merusak moral.

2. Perjudian
Banyak situs yang memudahkan para penjudi untuk berkumpul dan berjudi secara online, dan uangnya biasanya ditransfer ke rekening online atau kartu kredit.

3. Penipuan

Kini penipuan pun semakin sering terjadi apalagi di dunia internet mulai dari penipuan ketika bertransaksi, iklan atau program kaya secara instan dll.

4. Pencurian Kartu Kredit
Para penjahat internet biasanya menggunakan kartu kredit milik orang lain untuk bertransaksi, dan biasanya korbannya adalah orang yang pernah bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Pelaku tindak kejahatan yang satu ini cukup sulit untuk dilacak.


Dengan adanya internet banyak hal yang bisa kita lakukan, sekarang kembali kediri masing-masing mau menggunakannya untuk hal positif atau hal negatif.

Tidak ada komentar: